Arti Wi-Fi dan Access Point
foto berita artikel Wi-Fi merupakan kepanjangan dari teknologi jaringan wireless yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan koneksi jaringan dan kecepatan Internet tingkat tinggi. Sedangkan Wi-Fi Alliance, merupakan organisasi yang memiliki term trademark Wi-Fi, secara khusus mendefinisikan Wi-Fi sebagai bagian dari product WLAN (Wireless Local Area Network) yang berbasis di standard Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11. Wi-Fi secara mudahnya juga berarti IEEE 802.11x.

Awalnya, Wi-Fi digunakan hanya di standard 802.11b 2.4GHz, namun Wi-Fi Alliance telah memperluas penggunaan term Wi-Fi untuk berbagai tipe jaringan atau product WLAN yang berbasis standard 802.11, termasuk 802.11b, 802.11a. dual-band, dan sebagainya. Usaha Wi-Fi Alliance tersebut ditujukan untuk menghapus kebingungan mengenai interoperabilitas wireless LAN.

Wi-Fi bekerja tanpa menggunakan koneksi fisik kabel antara pengirim dan penerima, namun dengan teknologi frekuensi radio (RF), sebuah frekuensi dalam spectrum electromagnetic yang diasosiasikan dengan gelombang radio. Ketika RF disuplai ke sebuah antenna, maka electromagnetic akan dibuat dan masuk ke sebuah sudut jaringan wireless yang dinamakan Access Point (AP). Tugas utama AP adalah untuk menyebarkan (broadcast) sinyal wireless yang terdeteksi di komputer dan ‘masuk’ ke dalamnya. Untuk terkoneksi ke AP dan join ke jaringan wireless, komputer dan device harus dilengkapi dengan adapter jaringan wireless.

Wi-Fi juga support dengan banyak aplikasi dan device termasuk video game console, jaringan rumah, PDA, mobile phone, system operasi, dan tipe lain dari product electronic. Product yang telah diuji menggunakan Wi-Fi akan dilabeli Wi-Fi Certified" oleh Wi-Fi Alliance, walaupun untuk product dengan manufaktur yang berbeda.
0 Responses

Posting Komentar